Saturday, January 26, 2019

Tugas wsbm! Hubungan agroteknologi dengan wawasan sosial budaya maritim

Artikel hubungan wawasan sosial budaya maritim dengan program studi agroteknologi UNHAS makassar



       Wawasan sosial budaya maritim atau diakronimkan dengan kata WSBM Adalah mata kuliah yang secara spesifik dapat menampung konsep-konsep PIP (Pola Ilmiah Pokok ) maritim. WSBM Juga dapat didefinisikan sebagai salah satu unsur Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) di Unhas yang memelopori materi-materi kemaritiman, antara lain kapasitas sumber daya maritim, fakta demografi dan sosial ekonomi maritim, masyarakat maritim beserta dinamikanya,nilai-nilai budaya maritim yang perlu ditingkatkan dan dipublisitas yang kesemuanya memusat pada idionsinkrasi Benua Maritim dan pembangunannya .  selain itu maritim juga di jadikan sebagai karakteristik Unhas yang terdiri dari 8 kata yaitu manusiawi, arif, religious,inovatif,tangguh,integritas dan mandiri.
         Dengan demikian tujuan studi ini dirancang untuk memberikan paham dan fondasi pengetahuan serta kepercayaan pada mahasiswa sebagai bekal hidup bermasyarakat selaku inividu dan mahluk sosial yang berakhlak dan  bertangguang jawab terhadap SDA dan lingkungan Benua Maritim, serta menjadi ciri tabiat  sebagai luaran Unhas, salah satu alasan terbentuknya WSBM ini juga karena merupakan efek ditetapkannya kelautan sebagai PIP Unhas, PIP ini merupakan Pola Ilmiah Pokok yang telah ditetapkan universitas hasanuddin yang selanjutnya diperkuat dalam rapat Senat Unhas dan dituangkan dengan Surat Keputusan Rektor No.1149/UP-UH/1975 tertanggal 27 Desember 1975.
      Maritim dipilih menjadi PIP Universitas Hasanuddin karena  Indonesia memiliki riwayat sumberdaya kemaritiman besar yang didasarkan pada dua perspektif yaitu, proyeksi masa depan dan peran Unhas itu sendiri. Proyeksi masa depan terkait semakin berkurangnya sumber daya alam di darat dan pergeseran kutub perniagaan dunia dari wilayah Amerika-Eropa ke wilayah Asia. Disamping itu kepahaman akan fungsi laut sebagai regulator proses alamiah yang terjadi di atas permukaan bumi, juga menjadi salah satu dasar estimasi.
      Selain dari uraian sebelumnya PIP maritim juga menjadi salah satu rujukan dalam perumusan visi Unhas. Dengan kata lain bahwa dari PIP menurunkan visi dan rujukan pengembangan materi kuliah WSBM  adalah  penjabaran dari visi yang ada. Dengan demikian, Mahasiswa diharuskan memiliki wawasan tentang apa yang menjadi PIP Perguruan Tingginya .
       Dalam presepsi Benua Maritim Indonesia seluruh program studi memiliki keleluasaan dan  kesempatan  yang sama berkontribusi dalam pengembangan IPTEKSBUD.  salah satunya program studi Agroteknologi disingkat dengan nama Agrotek   yang merupakan program studi yang terbentuk dari hasil kombinasi dari tiga program studi, yaitu Agronomi, Hama Penyakit Tumbuhan, dan Ilmu Tanah sesuai dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) No. 163/DIKTI/Kep/2007 tanggal 29 November 2007
Adapun visi program studi Agroteknologi ini yaitu "Menjadi program studi unggul yang berstandar dan mampu berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui Tri darma Perguruan Tinggi yang berorientasi pada pertanian berkelanjutan berbasis budaya bahari Nusantara (BMI)".ini jelas menunjukan bahwa visi agroteknologi merupakan turunan dari PIP Unhas yaitu maritim.

         Merujuk dari hubungan Agroteknologi dengan WSBM maka studi WSBM pun mempunyai peran penting dalam program studi agroteknologi selain dari visi agroteknologi yang memuat tentang kemaritiman, wsbm pun memiliki peran penting dalam membantu mewujudkan visi tersebut dan mengajarkan kepada mahasiswa atau mahsiswi  jurusan agroteknologi tentang potensi sumberdaya maritim, fakta demografi dan sosial ekonomi maritim, masyarakat maritim beserta dinamikanya, nilai-nilai budaya maritim yang perlu dikembangkan dan dipromosikan yang kesemuanya mengarah pada kharakteristik Benua Maritim dan pembangunannya, sehingga menciptakan lulusan yang maritim (manusiawi, arif,religious,inovativ,tangguh,integritas, dan mandiri).

Terima kasih telah mengunjungi blog saya:)

No comments:

Post a Comment

kisi kisi ulangan terbukti ampuh sejarah indonesia kelas XI SMA

KISI KISI SEJARAH INDONESIA BESERTA JAWABANNYA  1.   PROSES MASUK BANGSA EROPA a.    Portugis Bangsa portugis pertama kali ber...