Thursday, January 24, 2019

Alasan penting mengapa kita harus mempunyai agama

Mengapa saya butuh agama?

Sumber gambar: kaskus.co.id

    Bumi adalah salah satu planet dari jajarang tata surya yang mengandung banyak komponen gas, oksigen, air dan suhu yang stabil sehingga Bumi dijadikan sebagai suatu tempat tinggal dari suatu mahkluk hidup karena mempunyai kehidupan didalamnya. Di Bumi ini kita dapat menemukan tiga mahluk hidup yang kita kenal secara garis besar yaitu tumbuhan, hewan dan manusia serta berbagai jenis lain. diantara mahkluk tersebut yang mempunyai kedudukan  paling tertinggi adalah manusia Karena manusia diciptakan dalam bentuk yang sebaik baiknya dengan kapasitas akal yang tinggi. Manusia ini beserta tempat tinggalnya tentu diciptakkan oleh seseorang atau Zat tanpa tidak sengaja dan pasti mempunyai tujuan yang mendasar atas penciptaan tersebut. 
    Seseorang atau Zat tersebut adalah Tuhan sang pencipta yang mempunyai kekuasaan paling tinggi, segala dari sesuatu dan tiada zat yang dapat menandinginya dan kita harus mempercayai hal tersebut karena banyak bukti yang telah mendukung keberadaanya. Kepercayaan akan hal tersebut itu biasa kita sebut dengan kata Agama ( dalam bahasa Indonesia) dan Seperti yang kita ketahui agama di dunia sangat banyak jenisnya dan setiap negara pasti manusianya menganut yang namanya agama, meskipun ada manusia yang masih tidak mempercayai akan kebenaran agama tersebut.
    Agama adalah sebuah kepercayaan yang dianut atau diyakini seseorang sebagai tumpuan didalam hidupnya, dengan kata lain agama merupakan suatu sistem yang mengatur tata cara peribadatan kepada tuhan dan antar manusia sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) agama adalah suatu sistem yang mengatur semua tata keimanan atau kepercayaan dan peribadatan hanya kepada Tuhan yang maha kuasa beserta kaidahnya-kaidahnya yang berkaitan dengan pergaulan manusia. Definisi kata agama sendiri sangat banyak dikemukakan oleh parah ahli salah satunya Émile Durkheim yang mengatakan bahwa Agama adalah suatu sistem yang terdiri dari kepercayaan serta praktik yang memiliki keterhubungan dengan hal yang suci dan juga menyatukan semua penganutnya dalam suatu komunitas moral yang sering disebut dengan umat. Meskipun banyak definisi tentang agama akan tetapi inti dari defenisi agama tersebut adalah peganutnya diajarkan agar saling hidup rukun antar sesama manusia sehingga menciptakan kehidupan yang damai.
     Menurut beberapa perkiraan, ada sekitar 4.200 an agama di dunia. Hal ini disebabkaan karena banyak agama telah terbukti mampu untuk mengorganisir perilaku, kependetaan, menjabarkan tentang apa itu kepatuhan atau keanggotaan, tempat-tempat suci, serta juga kitab suci. Praktek agama juga dapat mencakup ritual, khotbah, pemujaan tuhan, dewa atau dewi, pengorbanan, festival, pesta, trance, inisiasi, jasa penguburan, layanan pernikahan, meditasi, doa, musik, seni, tari, layanan masyarakat atau aspek lain dari budaya manusia. Agama juga mengandung mitologi.
     Keberadaan agama pada setiap Negara pasti mempunyai sejarah tentang agama tersebut yang mana berisi tentang siapa  yang membawa dan pada tahun berapa dibawa tetapi semua agama tersebut mempunyai asal usul terbentuk yang sama sehingga sekarang ini dalam satu Negara terdapat beberapa jenis agama yangdipercaya. Salah satu negara yang mepunyai banyak agama yang dianut didalamnya adalah Indonesia, yang mana memiliki 6 jenis agama berbeda yang diakui dan dilindungi oleh undang-undang untuk bebas melaksanakan ajaran dari kepercayaan mereka seperti agama islam,  agama kristen protestan, agama katolik, agama hindu, agama Buddha, agama kong hu cu yang masing msing agama tersebut mempunyai kitab yang dipercaya dimana islam mempercayai alquran, Kristen protestan mempercayai alkitab injil, katolik memeprcayai injil, hindu memeprcayai kiab weda, Buddha mempercayai tri pitaka dan kong hu cu mempercayai  kitab Si Shu Wu Ching.
    Selain itu Indonesia  juga merupakan sebuah negara yang berdasarkan pancasila, dimana dalam sila pertama pancasila tersebut adalah mengakui adanya tuhan. Oleh karena hal tersebut, maka negara melindungi setiap kepercayaan yang mengakui adanya Tuhan Yang Maha Esa. Negara berani menjamin keamanan setiap agama untuk menjalankan ibadah sesuai kepercayaan mereka masing-masing.
      Adapun agama yang mayoritas di Negara indonesia adalah agama islam, yaitu agama yang dibawa oleh nabi muhammad dan hanya mengimani satu tuhan yaitu allah. pengikut ajaran agama islam dikenal dengan nama muslim  yang berarti seseorang yang tunduk kepada tuhan atau lebih lengkapnya musliman bagi laki laki dan muslimah bagi perempuan. islam mengajarkan bahwa allah menurunkan firman-nya kepada manuusia melalui para nabi utusannya serta tempat ibadah agama islam disebut mesjid. 
    tentunya pasti banyak yang bertanya mengapa agama islam menjadi agama yang mayoritas di indonesia, hal ini disebabkan karena agama islam adalah agama yang damai serta sesuai di setiap masa, tempat dan kondisi ummat selaiin itu agama islam adalah agama yang haq (benar)  dan allah menjanjikan kemenangan kepada orang yang berpegang teguh kepada agama ini dengan baik namun dengan syarat merek harus mentauhidkan allah, menjauhkan segala (bentuk ) syirik , menuntut ilmu syari’i dan mengamalkan amal yang shalih.
Dilihat dari penjelasan tentang agama sebelumnya, maka sebuah ajaran agama memegang peran yang penting dalam suatu kehidupan adapun fungsi agama yaitu yang pertama sebagai sumber moral , mengapa demikian karena agama banyak menagandung ajaran ajaran moral untuk senantiasa taat kepada tuhan dan didalam agma diajarkan kebenaran oleh arena itu  moral sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan  untuk menjadi manusia yang sesungguhnya.
    Fungsi yang kedua yaitu sebagai sumber informasi metafisika, mengapa demikian  karena didalam agama kita dapat mengetahui infromasi tentang metafisika,  dimana agama tersebut berisi dan mengajarkan hal-hal yang berkaitan dengan alam barzah, alam akhirat, surga dan neraka, Tuhan dan sifat-sifat-Nya, dan hal-hal gaib lainnya . meskipun manusia dengan akal, dengan ilmu atau filsafatnya  tetap saja tidak sanggup menyingkap rahasia metafisika karena Hal itu hanya dapat diketahui dengan agama, oleh karena itu agama sangat penting dlam kehidupan.
Fungsi yang ketiga yaitu Agama sebagai pembimbing rohani bagi manusia Dengan sabdanya ini Nabi mengajarkan, hendaknya orang beriman bersyukur kepada Allah pada waktu memperoleh sesuatu yang menggembirakan dan tabah atau sabar pada waktu ditimpa sesuatu yang menyedihkan. Bersyukur di kala sukadan sabar di kala duka inilah sikap mental yang hendaknya selalu dimiliki oleh orang beriman. Dengan begitu hidup orang beriman selalu stabil, tidak ada goncangan-goncangan, bahkan tenteram dan bahagia, inilah hal yang menakjubkan dari orang beriman seperti yang dikatakan oleh Nabi. Keadaan hidup seluruhnya serba baik.
     Selain itu manfaat agama yang dapat diperoleh manusia yaitu pertama dapat Memberikan Manusia Tuntunan dan Ajaran Hidup karena Manusia tanpa agama merupakan manusia yang tidak memiliki tujuan. Dalam ajaran agama, manusia dituntun agar beribadah dan melakukan kebaikan dalam hidup, baik antar sesama manusia maupun dengan alam. Manusia diajarkan oleh agama untuk saling tolong menolong antar manusia, saling toleransi dalam menerima keberagaman dalam manusia baik berdasarkan suku, agama, ras dan kelompok. agama juga mengajarkan manusia untuk tidak melakukan hal yang merugikan orang lain maupun lingkungan sekitarnya. Agama berguna dalam kebudayaan, agar manusia tidak akan kembali menjadi makhluk primitif yang hanya memiliki tujuan bertahan hidup dan berkembang biak tanpa memiliki orientasi untuk berkembang.    
    Kemudian yang kedua adalah Memberi Jawaban Tentang. Hal yang Tidak Dapat Dijawab oleh Manusia mengapa demikian karena Agama merupakan sumber tatanan hidup dan pengetahuan manusia. Di dunia ini terdapat banyak hal dan kejadian yang tidak mampu dijawab dengan keterbatasan yang ada pada manusia. manfaat yang ketiga adalah Mengenalkan Pada Hal yang Buruk Dan Baik karena Pada dasarnya, manusia ingin memperoleh semua hal yang ada di dunia ini karena nafsu yang ada dalam masing masing diri manusia. Segala cara tentu akan dilakukan untuk mendapatkan hal yang diinginkan. Dengan adanya agama dan ajaran ajaran yang ada dalam agama, manusia dapat mengetahui mana hal yang boleh dilakukan dan mana hal yang tidak boleh dilakukan. Aturan aturan dalam agama, adalah mengatur mana hal yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan oleh manusia. Dengan adanya larangan dalam agama bertujuan agar manusia tidak merugikan diri sendiri, merugikan orang lain ataupun merugikan makhluk hidup lain dalam rangka memperoleh hal yang ingin dimiliki oleh manusia.
    Manfaat yang keempat adalah Menjadi Penyeimbang Antara Fisik dan Jiwa Manusia, mengapa demikian karena Menurut filsuf yunani kuno yaitu plato, manusia dilihat secara dualistik yang terdiri dari unsur raga dan jiwa. Kesehatan manusia tidak hanya dilihat dari fisiknya saja, namun dari jiwa. Agama memberikan tuntunan kepada manusia untuk dapat memperoleh ketenangan dan kematangan jiwa ketika beribadah untuk menyeimbangkan kebutuhan fisik dan jiwa manusia.
    Dengan banyaknya hal yang dapat diperoleh manusia dalam mempercayai dan menjalankan aturan dan ajaran dalam agamanya, banyak aspek dalam ajaran agama yang digunakan untuk menjadi acuan dalam menentukan dasar serta hukum suatu negara. Disadari atau tidak, banyak peraturan dalam suatu negara yang diadopsi dari peraturan agama karena dilihat dari banyaknya hal yang diperoleh dalam manfaat agama.
    Berdasarkan penjelasan sebelumnya kita tentu mengetahui bahwa agama sangat penting bagi kehidupan oleh karena itu kita harus mempunyai agama dalam menjalani hidup dan rugilah bgai orang yang tidak memercayai adanya agama.

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, semoga artikel ini dapat bermanfaat

No comments:

Post a Comment

kisi kisi ulangan terbukti ampuh sejarah indonesia kelas XI SMA

KISI KISI SEJARAH INDONESIA BESERTA JAWABANNYA  1.   PROSES MASUK BANGSA EROPA a.    Portugis Bangsa portugis pertama kali ber...